Friday, April 3, 2015

Mahasiswa UNDIP Menyabet Juara Umum 1 Trofi Kementerian Lingkungan Hidup RI Tingkat Nasional


Tim Generasi Synergy Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang yang di motori oleh kolaborasi tim lintas jurusan yang terdiri 3 komposisi tim terbaik seperti Imam Pesuwaryantoro Mahasiswa Teknik Sipil 2010, Steven Suhandono Mahasiswa Kimia Murni 2011 dan Ilham Akbar Sukmawan Mahasiswa Teknik Elektro 2010 berhasil menyabet “Juara Umum 1 Trofi Kementerian Lingkungan Hidup RI Kategori Inovasi Teknologi Air dan Aplikasinya Tingkat Nasional” yang di selenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada tanggal 19 – 21 September 2014. Adapun produk inovasi yang di angkat yaitu tentang Inovasi Filtrasi Tutup Botol Jenaka (Jerami Nanokomposit) Sebagai Penjernihan Air Tanah Dangkal Solusi Meminimalisir Sampah Botol Plastik. 

Imam selaku Ketua Tim dan Direktur RND Nano World Indonesia mengatakan “Latar belakang pengembangan inovasi produk Filtrasi Tutup Botol Jenaka muncul ketika penggunaan sampah botol plastik sangat tidak teratasi. Mengapa demikian ? setidaknya sampah botol plastik telah menyumbangkan 100 juta ton/bulan (BPS, 2013). Dampak buruk penggunaan kemasan air minum seperti jenis PET tidak di sarankan berulang kali karena meningkatnya atau kontak suhu langsung terhadap matahari selama 2-3 jam menyebabkan reaksi kimia yang dapat menimbulkan virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini muncul akibat sisa-sisa dari proses sterilisasi pabrik yang ternyata juga meninggalkan unsure dalam botol plastic”. 

Di sisi lain, kondisi kekinian sumber air tanah dangkal yang terkontaminasi tiap tahunnya di akibatkan efek samping dari penguraian pupuk pestisida dalam unsur hara tanah mengakibatkan setidaknya 55% kualitas air tanah dangkal tercemar bakteri e collie, salmonella, besi yang tinggi dan berbau. (BPS, 2013)

Keunggulan Inovasi Filtrasi Tutup Botol Jenaka (Jerami Nanokomposit) adalah filter catridge yang mampu di pasang pada semua jenis diameter air minum dalam kemasan. Selain itu, ketika material penjernihan air mulai jenuh mampu di aktivasi kembali dengan menggunakan system fotokatalis atau salah satu caranya dengan menyinari material penjernihan air terhadap matahari /lampu UV sebagai rechargeable adsorbent agar polutan atau logam berat yang tertahan di permukaan filter mampu teroksidasi dengan baik. Segmentasi produk Filtrasi Tutup Botol Jenaka (Jerami Nanokomposit) bergerak di bidang Pariwisata, Travelling, Hiking, Militer dan Kepramukaan. Kenapa demikian ? karena 5 segmentasi tersebut bergerak di bidang mobile dan urgent dimana kebutuhan air bersih dan air minum menjadi penting karena melihat medan atau aktifitas yang di lakukan jauh dari pusat perbelanjaan air minum dalam kemasan.

Pada kompetisi inovasi teknologi air atau di sebut WATER INTEC di selenggarakan bertujuan memberikan solusi dari karya nyata peneliti muda PTN-PTS seluruh indonesia terkait pemasalahan bangsa seperti poin Millenium Development Goals tentang “Sanitasi dan Air Minum”. Kurang lebih 875 proposal yang mendaftar di kompetisi ini hanya di ambil 10 besar grand finalis nasional yang dapat mempresentasikan hasil penemuan produk inovasi teknologi penjernihan air kepada dewan juri yang notabene adalah doctor, praktisi dan pengusaha air minum DANONE. Luarannya dari partisipasi di kompetisi teknologi air ini adalah terjalinnya inovasi pengembangan produk para peneliti muda dengan Pemerintahan seperti PAM dan Program PAMSIMNAS dan Pengusaha Air Minum dalam Kemasan seperti DANONE dan AQUA untuk di inkubasikan hasil penelitian ke arah industrialisasi nasional. Hal ini di lakukan sebagai upaya mempersiapkan SDM Teknopreneur Muda Indonesia tahun depan dapat bersaing di Asean Economic Community 2015.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 FlatMag. All rights resevered. Designed by Templateism