Friday, April 3, 2015

Undip Kirim Mahasiswa untuk Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan


Salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro dikirim ke Korea Selatan untuk pertukaran pelajar selama fall semester tahun 2013 bulan September sampai Desember. Adalah Afifatul Mukaroh yang kini tengah menempuh kuliah S1 Teknik Informatika. Di Korea Selatan, Afifatul Mukaroh atau yang akrab dipanggil Fifa menjadi pelajar Computer Science di Kwandong University. Di sana dia juga memperoleh beasiswa dari pemerintah Korea yang disebut GKS atau Global Korea Scholarship.

Awalnya, Fifa mengikuti seleksi yang dilakukan oleh International Office Undip, yaitu bagian internal Undip yang mengurusi hubungan internasioal antara Undip dengan universitas-universitas di luar negeri. Student exchange adalah selah satu bentuk hubungan internasional tersebut, selain joint venture, research collaboration, dan lain-lain. Seleksi student exchange sendiri terdiri dari dua tahap yaitu berkas dan wawancara.

Fifa mengaku aktifitas belajar di Korea hampir sama dengan di Indonesia, pada awalnya memilih mata kuliah semacam mengisi KRS (Kartu rencana Studi), Ujian Mid Semester, Ujian akhir semester, dan akhirnya mendapat Kartu Hasil Studi. Walau begitu, Fifa juga mengikuti aktifitas luar kampus seperti menjadi Wow Korea Supporter, yaitu program dari Korea Tourism Organization untuk , pelajar-pelajar asing di Korea agar dapat mengenal dan mengeksplorasi Korea lebih dalam. Selain itu, Fifa juga aktif mengikuti acara-acara yang diadakan PERPIKA atau Perkumpulan Pelajar Indonesia di Korea.

“This experience is not just about study exchanging, but also an eye opener”, katanya. Fifa berharap pengalaman berharganya ini akan menjadi batu pijakan untuk menggapai cita-citanya yaitu melanjutkan studi Master di luar negeri.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 FlatMag. All rights resevered. Designed by Templateism