Friday, April 3, 2015

Arif Sony Wibowo, Mengantongi Banyak Penghargaan dari Bangku Kuliah


Mahasiswa Jurusan S1-Kimia, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro ini berpostur tinggi, ramah dan senang jika diajak diskusi. Dia mempunyai nama lengkap Arif Sony Wibowo. Di kampus sering dipanggil “Sony”. Kegemarannya adalah renang, hiking dan fotografi. Di kampus dia sangat aktif dalam bidang riset dan organisasi. Beberapa organisasi yang pernah digeluti, yaitu : Dewan Instruktur NASAFOR (Nano Science Forum), 2014, Staff Devisi Nano Energi dan Lingkungan NASAFOR (Nano Science Forum), 2012-2013, Ketua Bidang Akademik KSPM Valensi, 2011-2012, Sekretaris Utama KSPM Valensi 2010-2011 Himpunan Mahasiswa Kimia (HMK)/FSM-Undip dan UKM SILAT Perisai Diri Universitas Diponegoro. Ditingkat nasional ia aktif tergabung dalam Nano World Indonesia (NWI) dan Himpunan Kimia Indonesia (HKI).

Bidang riset telah membentuk pola pikir dan analisannya karena kuliah di S1-Kimia belajar tentang basic science atau embrio ide penemuan dan pengembangan teknologi, sehingga ia tidak asing lagi dengan laboratorium. Dimasa kuliahnya ia telah mengantongi banyak penghargaan mulai dari Hibah, Kompetisi, dan duta konferensi internasional. Berikut adalah prestasi yang pernah diperoleh :

  • HIBAH Pekan Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) LOLOS PIMNAS, DIKTI , 2014,”FRESH VIGGIES (vegetables and fruits storage) terobosan baru pengawetan sayur dan buah berbasis fotokatalitik nano Co-doped ZnO untuk mendukung program ketahanan pangan nasional”.
  • HIBAH Pekan Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) LOLOS PIMNAS, DIKTI, 2014, POTFRIGATOR : Alat Pengawet Ikan Ramah Lingkungan, Hemat Energi Berbasis Cooling Dynamic dan Nano Co doped ZnO.
  • HIBAH Pekan Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) LOLOS PIMNAS, DIKTI, 2013, LAPAS ROKOK (Lampu Penghilang Asap Rokok) Berbasis Fotokatalitik Nanopartikel ZnO.
  • HIBAH Pekan Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P), DIKTI, 2012Pemanfaatan Lumpur Lapindo Sebagai Zeolit Na-A dan Aplikasinya sebagai Deterjen Ramah Lingkungan,
  • DELEGASI KONFERENSI INTERNASIONAN HISAS11-JAPAN, 2014, The 11th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting (HISAS11), University of Hokkaido, JAPAN.
  • KONTINGEN PIMNAS Universitas Diponegoro, 2013 dan 2014, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) DIKTI ke-26 Unram (NTB) dan ke-27 UNDIP.
  • JUARA 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Maritime Festival, 2013, Pekan Ilmiah Nasional Riset dan Teknologi (PINISI) – Universitas Diponegoro.
  • JUARA 2 Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Diponegoro, 2013, Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Diponegoro (PIM UNDIP),
  • JUARA 3 Lomba Karya Cipta Teknologi Nasional, 2013, Electrical Innovation Awards (EIA) – Universitas Diponegoro,
  • JUARA FAVORIT Lomba Karya Cipta Teknologi Nasional U-NITECH, 2013, UNY National Innovation Technology (U-NITECH) – Universitas Negeri Yogyakata. dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lainnya.


Di bulan November ini Sony dan tim tirius, Fakultas Sains dan Matematika akan sekali lagi menjadi satu-satunya delegasi dari Undip yang lolos seleksi paper penelitian untuk mengkuti kompetisi TICA 2014, di Tokyo Institute Of Technology University, Japan dengan mengusung tema penelitian nanoteknologi untuk pengawetan sayur dan buah. Semoga dapat mengharumkan nama Undip di JAPAN. Nanoteknologi dibeberapa tahun terakhir berkembang begitu pesat dan 10 tahun mendatang akan menjadi fokus pengembangan produk riset sehingga Indonesia juga harus berbenah dan menyiapkan diri. Lebih keren mana, antara dapat membuat atau dapat membeli produk teknologi??pasti jawaban kita sama, bisa membuat. Melalui kajian yang intens bersama dosen dan tim NASAFOR UNDIP kami mengkaji riset berbasis nanoteknologi dan aplikasinya untuk mengatasi permasalahan disekeliling kita. Semoga kedepannya makin banyak peneliti muda yang terlahir dari Universitas Riset UNDIP dan berkiprah memajukan IPTEK di Indonesia. Salam nano, bersatu untuk inovasi (stv)

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 FlatMag. All rights resevered. Designed by Templateism